PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN SIKAP DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 GEGER

Dayanti, Reza Emelia (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN SIKAP DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 GEGER. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Sikap Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Geger. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan sikap disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Geger. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII sebanyak 288 siswa. Jumlah sampel sebanyak 167 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pada penelitian ini menggunakan angket untuk pengumpulan data responden. Peneliti menggunakan analisis regresi linear berganda dengan SPSS versi 26.0 for windows untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 26,618 > 1,974; 2) Terdapat pengaruh positif antara sikap disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan signifikansi sebesar 0,011 < 0,05 dan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 2,587 > 1,974; 3) Terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional dan sikap disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan F_hitung > F_tabel yaitu 558,35 > 3,05. Besarnya pengaruh variabel kecerdasan emosional dan sikap disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswaa sebesar 87%. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Sikap Disiplin Belajar, Hasil Belajar Matematika Siswa

Item Type: Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1)
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional; Sikap Disiplin Belajar; Hasil Belajar Matematika Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: DAYANTI EMELIA REZA
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:17
Last Modified: 02 Aug 2024 03:17
URI: http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/644

Actions (login required)

View Item View Item