Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Scratch Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN 01 Mojorejo

Norrohma Sekti, One Novamu (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Scratch Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN 01 Mojorejo. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.

[img] Text
137_ ONE NOVAMU N.S_8D_ HALAMAN COVER.pdf

Download (629kB)
[img] Text
137_ ONE NOVAMU N.S_ 8D_BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
137_ ONE NOVAMU N.S_ 8D_BAB II.pdf

Download (305kB)
[img] Text
137_ ONE NOVAMU N.S_ 8D_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
137_ ONE NOVAMU N.S_ 8D_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
137_ ONE NOVAMU N.S_ 8D_BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
137_ ONE NOVAMU N.S_ 8D_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)
[img] Text
137_ ONE NOVAMU N.S_ 8D_ LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media scratch terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 01 Mojorejo. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 01 Mojorejo pada tanggal 15 hingga 16 Mei 2024. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain pre- experimental design dengan jenis penelitian satu kelompok pretest dan posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 01 Mojorejo dengan jumlah siswa yaitu 20 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh dimana seluruh siswa dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik test pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normlitas dan uji hipotesis kemudian data hasil kemampuan berpikir kritis yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan uji t diperoleh 0,000 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Karena nilai uji t 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Scratch Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa Kelas IV SDN 01 Mojorejo berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 01 Mojorejo.

Item Type: Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1)
Kata Kunci: Problem Based Learning; Scratch; Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NORROHMA NOVAMU ONE
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:47
Last Modified: 30 Jul 2024 03:47
URI: http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item