YOGA NUVIANDANI, FESLYN (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV MIN 2 KOTA MADIUN. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.
Text
Halaman Depan_Feslyn Yoga N_2002101166_8E_PGSD.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak_Feslyn Yoga N_2002101166_8E_PGSD.pdf Download (542kB) |
|
Text
BAB 1_Feslyn Yoga Nuviandani_2002101166_8E_PGSD.pdf Download (403kB) |
|
Text
BAB 2_Feslyn Yoga Nuviandani_2002101166_8E_PGSD.pdf Download (468kB) |
|
Text
BAB 3_Feslyn Yoga Nuviandani_2002101166_8E_PGSD.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) |
|
Text
BAB 4_Feslyn Yoga Nuviandani_2002101166_8E_PGSD.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) |
|
Text
BAB 5_Feslyn Yoga Nuviandani_2002101166_8E_PGSD.pdf Download (391kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_Feslyn Yoga N_2002101166_8E_PGSD.pdf Download (526kB) |
|
Text
Lampiran_Feslyn Yoga N_2002101166_8E_PGSD.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Feslyn Yoga Nuviandani. 2024. Efektivitas Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Canva Terhadap Kemampuan Kognitif Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV MIN 2 Kota Madiun. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas PGRI Madiun. Pembimbing (I) Ibadullah Malawi Pembimbing (II) Endang Sri Maruti Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Variabel penelitian bebas pada penelitian ini adalah media video animasi berbasis canva. Variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan kognitif siswa yang meliputi proses mengingat dalam Mata Pelajaran IPAS. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 2 Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan media video animasi berbasis canva. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media Video Animasi berbasis Canva efektif terhadap Kemampuan Kognitif Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV. Pada penelitian ini lokasi yang digunakan untuk penelitian yaitu MIN 2 Kota Madiun Manisrejo, Kec. Taman, Kota Madiun. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Juni 2024. Pada penelitian ini desain yang digunakan adalah Randomized Control Group Design. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi adalah siswa kelas IV MIN 2 Kota Madiun. Sampel yang diambil dalam penelitian ini siswa kelas IV D MIN 2 Kota Madiun dengan jumlah peserta didik sebanyak 25 peserta didik sebagai kelas kontrol dan menggunakan media Video Animasi berbasis Canva pada siswa kelas IV C sebanyak 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan antara penggunaan media video animasi berbasis canva dibandingkan dengan metode ceramah terhadap kemampuan kognitif Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV. Data penelitian diperoleh melalui pemberian pretest dan posttest berupa soal pilihan ganda serta menggunakan analisis uji hipotesis didapatkan t hitung = 5,7780 sedangkan t tabel 2,0086 dengan
Item Type: | Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1) |
---|---|
Kata Kunci: | Canva; IPAS; Sekolah Dasar; Video Animasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | NUVIANDANI YOGA FESLYN |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 01:54 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 01:54 |
URI: | http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/910 |
Actions (login required)
View Item |