RENGGANIS, MUTIARA PUTRI (2024) PENGARUH KECEMASAN TERHADAP KELANCARAN PROSEDURAL MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 1 BABADAN. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (935kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (300kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (423kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (337kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (410kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Mutiara Putri Rengganis. 2024. Pengaruh Kecemasan Terhadap Kelancaran Prosedural Matematika Siswa di SMPN 1 Babadan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. FKIP. Universitas PGRI Madiun. Pembimbing (I) Reza Kusuma Setyansah., S.Pd., M.Pd. (II) Ika Krisdiana., S.Si., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap kelancaran prosedural matematika siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan desain penilitian ex post facto. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Babadan. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh sampel sebanyak 62 siswa masing-masing dari kelas VIII C dan VIII F. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket dan tes. Uji prasyarat analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji keberartian regresi dan koefisien regresi. Analisis data ini menggunakan analisis regresi sederhana. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh kecemasan matematika terhadap kelancaran prosedural matematika siswa, dimana nilai r_xy sebesar 0,168 sehingga koefisien determinan r^2 sebesar 0,028 yang berarti bahwa kecemasan matematika memiliki pengaruh yang sangat rendah terhadap kelancaran prosedural matematika sebesar 2,8% sehingga 97,2% kelancaran prosedural matematika dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kata kunci: kecemasan matematika; kelancaran prosedural matematika; pola bilangan. This study aims to determine the effect of mathematics anxiety on students' mathematical procedural fluency. This research was conducted using quantitative methods with an ex post facto research design. The population of this study were all students in class VIII of SMPN 1 Babadan. Sampling using simple random sampling technique, a sample of 62 students each from class VIII C and VIII F was obtained. The data collection technique used was questionnaires and tests. The data analysis prerequisite tests used are the normality test, linearity test, regression significance test and regression coefficient. This data analysis uses simple regression analysis. The conclusion of this research is that there is an influence of mathematics anxiety on students' mathematical procedural fluency, where the r_xy value is 0,168 so that the determinant coefficient r^2 is 0,028 which means that mathematics anxiety has a very low influence on mathematical procedural fluency of 2,8% so that it is 97,2% of mathematical procedural fluency is influenced by other factors. Key words: mathematics anxiety; mathematical procedural fluency; number patterns.
Item Type: | Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1) |
---|---|
Kata Kunci: | kecemasan matematika; kelancaran prosedural matematika; pola bilangan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | RENGGANIS PUTRI MUTIARA |
Date Deposited: | 10 Aug 2024 05:06 |
Last Modified: | 10 Aug 2024 05:06 |
URI: | http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/1278 |
Actions (login required)
View Item |