PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Claristy, Syahnia (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.

[img] Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (35kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (110kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf

Download (153kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (102kB)
[img] Text
9. Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan membaca permulaan merupakan syarat yang sangat penting bagi siapapun untuk memperluas pengetahuan dan wawasannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media big book terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas II sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel pada penilitian ini menggunakan sampel jenuh, yaitu kelas II SD Negeri Turi 3 yang berjumlah 9 siswa. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, yaitu pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis data yang dilaksanakan di kelas II SD N Turi 3 menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Pada pretest hasil rata-rata siswa 57,78 dan posttest 80,00. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis berbantuan program SPSS menunjukkan hasil nilai signifikan pada kolom Sig. (2-tailed) 0,000. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak karena 0,000 < 0,05. Sehingga kesimpulannya adalah ada pengaruh penggunaan media big book terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas II sekolah dasar. Kata Kunci: Keterampilan Membaca, Membaca Permulaan, Media Big Book Beginning reading ability is a very important requirement for anyone to expand their knowledge and insight. This research aims to determine whether there is an influence of using big book media on the beginning reading skills of second grade elementary school students. This research is experimental research using a quantitative approach. The type of research used is Pre-Experimental Designs in the form of One-Group Pretest-Posttest Design. The sampling technique in this research used a saturated sample, namely class II of SD Negeri Turi 3, totaling 9 students. The data collection technique that researchers used in this research was the test method, namely pretest and posttest. Based on the results of data analysis carried out in class II of SD N Turi 3, it shows that there is a significant increase between the pretest and posttest results. On the pretest the average student result was 57.78 and on the posttest 80.00. Based on the results of hypothesis test calculations assisted by the SPSS program, the results show significant values in the Sig column. (2-tailed) 0.000. It can be concluded that Ha is accepted and Ho is rejected because 0.000 < 0.05. So the conclusion is that there is an influence of the use of big book media on the initial reading skills of second grade elementary school students. Keywords: Reading Skills, Beginning Reading, Big Book Media

Item Type: Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1)
Kata Kunci: Keterampilan Membaca; Membaca Permulaan; Media Big Book Reading Skills; Beginning Reading; Big Book Media
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SYAHNIA CLARISTY SYAHNIA
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:03
Last Modified: 07 Aug 2024 04:03
URI: http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/935

Actions (login required)

View Item View Item