EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN 2 KOTA MADIUN

SILFIA, ERIKADIKA (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN 2 KOTA MADIUN. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.

[img] Text
HALAMAN DEPAN_Erikadika Silfia.pdf

Download (912kB)
[img] Text
ABSTRAK_Erikadika Silfia (1).pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB I_Erikadika Silfia.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB II_Erikadika Silfia.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB III_Erikadika Silfia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
BAB IV_Erikadika Silfia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
BAB V_Erikadika Silfia.pdf

Download (262kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Erikadika Silfia.pdf

Download (394kB)
[img] Text
LAMPIRAN_Erikadika Silfia.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Erikadika Silfia. (2024). Evektifitas Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran IPAS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 2 Kota Madiun. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas PGRI Madiun. Pembimbing (I) Dewi Tryanasari Pembimbing (II) Vivi Rulviana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPAS efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIN 2 Kota Madiun. Pada penelitian ini lokasi yang digunakan untuk penelitian yaitu MIN 2 Kota Madiun Kec. Taman Kota Madiun. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan Juni 2024. Pada penelitian ini desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 2 Kota Madiun. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV A MIN 2 Kota Madiun sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33 peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui pemberian posttest berupa soal pilihan ganda serta dapat dilihat dari tabel output uji One Way Anova hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dengan Model Pembelajaran Mind Mapping diketahui nilai sig.(2-tailed) adalah 0,003. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,003 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPAS efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIN 2 Kota Madiun dibandingkan dengan metode ceramah. Kata Kunci: Model Pembelajaran; Mind Mapping; IPAS; Sekolah Dasar. ABSTRACT Erikadika Silfia. (2024). Effectiveness of the Application of Mind Mapping Learning Model in Social Sciences Subjects on the Learning Outcomes of Grade IV Students of MIN 2 Madiun City. Thesis. Elementary School Teacher Education Study Program, FKIP, Universitas PGRI Madiun. Advisor (I) Dewi Tryanasari Advisor (II) Vivi Rulviana. This study aims to determine whether the Mind Mapping learning model in Social Sciences subjects is effective on the learning outcomes of grade IV students of MIN 2 Madiun City. In this study, the location used for the study was MIN 2 Madiun City, Taman City District, Madiun. This research was conducted from February to June 2024. In this study, the design used was Nonequivalent Control Group Design. The method used in this study was the experimental method. The population used in this study were all grade IV students of MIN 2 Madiun City. The sample used in this study were students of class IV A MIN 2 Kota Madiun as a control class with 32 students and class IV B as an experimental class with 33 students. The research data were obtained through the provision of a posttest in the form of multiple choice questions and can be seen from the output table of the One Way Anova test of student learning outcomes in the subject of Social Sciences with the Mind Mapping Learning Model, the sig. (2-tailed) value is 0.003. Based on the decision-making criteria 0.003 <0.05, then H_0 is rejected and Ha is accepted. Based on the results of the study, it can be concluded that the Mind Mapping learning model in the subject of Social Sciences is effective for the learning outcomes of students of class IV MIN 2 Kota Madiun compared to the lecture method. Keywords: Learning Model; Mind Mapping; Social Sciences; Elementary School.

Item Type: Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1)
Kata Kunci: Model Pembelajaran; Mind Mapping; IPAS; Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SILFIA ERIKADIKA
Date Deposited: 13 Aug 2024 01:51
Last Modified: 13 Aug 2024 01:51
URI: http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/1218

Actions (login required)

View Item View Item