Laily, Maulida Ahyana (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Kelas Khusus C sebagai Kelas Peralihan Menuju Kelas Regular untuk Siswa Autis di Sekolah Inklusi SD IT Al Ikhlas Mantren. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (808kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (401kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan dasar manusia yang berguna membangun suatu peradaban bangsa. sesuai dengan Pasal 31 Ayat 1 menyatakan, “Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan” yang melandasi pendidikan untuk siswa ABK (anak berkenbutuhan khusus). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi dan Kendala yang dihadapi impelmentasi kurikulum merdeka pada siswa ABK autis dilaksanakan di kelas khusus ABK C sebagai kelas peralihan ke kelas regular di SD IT Al Ikhlas. Penelitian ini merupakan penellitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian Implementasi kurikulum merdeka yang terdiri dari komponen modul pembelajaran, model pembelajaran dan tujuan pembelajaran (TP) yang melingkupi alur tujuan pembelajaran (ATP), yang dirancang oleh guru GPK (guru pendamping khusus). Implementasi kurikulum merdeka pada siswa ABK autis dilakukan dengan berbagai modifikasi materi, dengan metode reward (penghargaan) dan punishment (teguran) hal ini dilakukan agar siswa ABK autis mampu mengikuti pelaksanaan pembelajaran dan berhasil memperoleh capaian pembelajaran (CP). mengukur hasil pembelajaran siswa ABK dalam aspek kognitif, aspek psikomotorik dan aspek afektif sesuai dengan kriteria yang telah disepakati antara orang tua siswa ABK dan guru GPK. Kendala implementasi kurikulum merdeka kegiatan pembelajaran dibedakan menjadi 2 jenis yaitu kendala internal dan kendala eksternal. Kendala internal adalah maslah dari pihak guru pendamping seperti kurang informasi dan masalah hambatan belajar dari siswa ABK sementara kendala eksternal berasal dari orang tua yang bersikap kurang peduli pada kebutuhan pendidikan siswa ABK dan orang tua siswa ABK belum mendapatkan perubahan yang sesuai dengan harapan
Item Type: | Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1) |
---|---|
Kata Kunci: | implementation, independent curriculum, ABK students, autism, GPK teachers, special classes |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | LAILY AHYANA MAULIDA |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 08:37 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 08:37 |
URI: | http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/2733 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |