Saputra, Ardiyas April (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.
Text
HALAMAN DEPAN (1).pdf Download (784kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (260kB) |
|
Text
BAB 1 (1).pdf Download (242kB) |
|
Text
BAB 2 (1).pdf Download (221kB) |
|
Text
BAB 3 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
Text
BAB 4 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
|
Text
BAB 5 (1).pdf Download (49kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (187kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dapat menyebabkan ketidakminatan, pemahaman yang terbatas, dan rutinitas yang membosankan, sehingga siswa kehilangan motivasi. Variasi dalam penggunaan model pembelajaran sangat penting, termasuk salah satunya adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui efektivitas Model Pembelajaran Make a Match terhadap konsepkonsep yang diajarkan. metode penelitian ini menggunakan model penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen yaitu pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD ngegong yang berjumlah 60 yang terdapat di kelas V A dan V B. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka terbukti pada perolehan nilai rata-rata tes siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas kontrol. Rata-rata nilai tes eksperimen sebesar 83,66 dan kelas kontrol sebesar 77,83. Perolehan tersebut diperkuat berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan syarat hasil sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu sig. 0,002 < 0,05 dengan hasil hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa di kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran Make a Match terdapat perbedaan dalam hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri Ngegong. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Make a Match, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1) |
---|---|
Kata Kunci: | Model Pembelajaran; Make a Match; Hasil Belajar. |
Subjects: | A Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SAPUTRA APRIL ARDIYAS |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 05:18 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 05:18 |
URI: | http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/1765 |
Actions (login required)
View Item |