EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Saputra, Ardiyas April (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.

[img] Text
HALAMAN DEPAN (1).pdf

Download (784kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB 1 (1).pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB 2 (1).pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB 3 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
BAB 4 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB 5 (1).pdf

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dapat menyebabkan ketidakminatan, pemahaman yang terbatas, dan rutinitas yang membosankan, sehingga siswa kehilangan motivasi. Variasi dalam penggunaan model pembelajaran sangat penting, termasuk salah satunya adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui efektivitas Model Pembelajaran Make a Match terhadap konsepkonsep yang diajarkan. metode penelitian ini menggunakan model penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen yaitu pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD ngegong yang berjumlah 60 yang terdapat di kelas V A dan V B. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka terbukti pada perolehan nilai rata-rata tes siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas kontrol. Rata-rata nilai tes eksperimen sebesar 83,66 dan kelas kontrol sebesar 77,83. Perolehan tersebut diperkuat berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan syarat hasil sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu sig. 0,002 < 0,05 dengan hasil hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa di kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran Make a Match terdapat perbedaan dalam hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri Ngegong. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Make a Match, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1)
Kata Kunci: Model Pembelajaran; Make a Match; Hasil Belajar.
Subjects: A Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SAPUTRA APRIL ARDIYAS
Date Deposited: 21 Aug 2024 05:18
Last Modified: 21 Aug 2024 05:18
URI: http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item View Item