UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPAS DENGAN MENGGUNAKAN KOMIK DIGITAL LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA KELAS V

Rachmawati, Eria (2024) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPAS DENGAN MENGGUNAKAN KOMIK DIGITAL LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA KELAS V. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.

[img] Text
lembar awal-daftar isi saja -1-13.pdf

Download (365kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi belajar IPAS melalui pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) siswa kelas V SDN Manguharjo Madiun. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan pada semester genap dengan jumlah 26 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tahap perencanaan (plan), tindakan (act), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan data keterlaksanaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif adalah data yang berupa skor atau nilai hasil belajar siswa, sedangkan data kualitatif mencakup koleksi data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Dari 26 siswa terdapat 6 siswa yang belum mencapai ketuntasan yang akan dijadikan subjek dalam penelitian. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa seta keaktifan siswa dalam pembelajaran. Dengan indikator ketetapan awal sebesar 80% diperoleh presentase ketuntasan klasikal pada hasil belajar siswa pra siklus sebesar 70%, siklus I sebesar 75%, pada siklus II sebesar 80%. sedangkan pada keaktifan siswa pada pra siklus sebesar 66%, siklus I sebesar 75%, dan mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada siklus II menjadi 90%. Penerapan pendekatan CTL ini dalam pembelajaran IPAS merupakan cara efektif untuk membantu siswa dalam memahami materi Ekosistem tentang jaring-jaring makanan dan rantai makanan. Kemampuan numerasi merupakan keterampilan penting bagi siswa karena mengacu pada kemampuan menggunakan angka secara praktis untuk memecahkan berbagai masalah sehari-hari. Adapun kelebihan dari penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantuan Komik digital yaitu meningkatkan kemampuan numerasi siswa, model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam bekerja kelompok, meningkatkan keaktifan siswa dan meingkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Sedangkan kekurangan dari penerapan model Problem Based Learning berbantu E-modul etnomatematika yaitu kondisi kelas yang kurang bisa dikendalikan maupun diatasi, dan pastinya membutuhkan waktu yang lebih banyak.

Item Type: Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1)
Kata Kunci: IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, motivasi belajar, pendekatan CTL.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
A Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: ERIA RACHMAWATI ERIA
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:52
Last Modified: 13 Aug 2024 07:52
URI: http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/1608

Actions (login required)

View Item View Item