PENGARUH MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Wardani, Niken Fitriana Dwi Rahmawati (2024) PENGARUH MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS 5 SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (618kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya nilai kognitif siswa di Indonesia, khususnya pembelajaran IPAS salah satu penyebabnya adalah pembelajaran IPAS tidak diajarkan sesuai dengan karakteristik IPAS itu sendiri. Di era sekarang ini, teknologi merupakan hal yang wajib dimiliki oleh guru sebagai ujung tombak pengajaran agar dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat dan canggih yang bertujuan untuk memudahkan proses pengajaran. Keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan siswa sangat bergantung pada guru yang menciptakan suasana belajar dengan menggunakan seluruh sumber belajar dan metode pengajaran yang efektif dan efisien. Media disebut juga sebagai alat yang dapat itu bisa sajaalat pengumpul informasi untuk pembelajaran atau sebagai alat pengumpul kritik guna mencapai tujuan Pendidikan. Perlu adanya suatu media yang bisa mengangkat motivasi siswa untuk tetap fokus dalam pembelajaran dan tetap terjamin yaitu dengan penggunaan media pembelajaran berbasis e-learning, e-learning merupakan contoh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang tepat digunakan untuk mempermudah suatu proses pembelajaran. Salah satu jenis e-learing yaitu wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media wordwall terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata Pelajaran IPAS kelas 5 sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, metode yang digunakan eksperimen dengan desain one grup pretest posttest only. Instrumen penelitian yang digunakan menggunakan soal tes. Analisis data menggunakan uji instrumen , Uji prasyarat, Uji Hipotesis. Uji prasyarat menggunakan uji Normalitas . Uji hipotesis menggunakan uji t. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa SDN Bogoarum 1 kelas 5 sebanyak 15 siswa . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media wordwall terhadap kemampuan kognitif siswa pada matapelajaran IPAS kelas 5 sekolah dasar. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji hipotesis Nilai sig.(2 tailed) < 0,05, 0,000 < 0,05. Selain itu, hasil skor posttest memiliki rata rata yang lebih tinggi yaitu 88. Karena siswa dalam pembelajaran lebih aktif dan lebih memahami isi soal yang dikerjakan. Hal ini membuat hasil belajar siswa meningkat. Kata Kunci : Kemampuan Kognitif IPAS, Media Wordwall The low cognitive value of students in Indonesia, especially in science learning, is caused by the fact that science learning is not taught in accordance with the characteristics of science itself. In today's era, technology is a must for teachers as the spearhead of teaching in order to adapt to the rapid and sophisticated development of technology that aims to facilitate the teaching process. The success of the learning process carried out by students is highly dependent on teachers who create a learning atmosphere by using all learning resources and effective and efficient teaching methods. Media is also known as a tool that can be a tool for collecting information for learning or as a tool for collecting criticism in order to achieve educational goals. There needs to be a media that can raise students' motivation to stay focused on learning and remain guaranteed, namely by using e-learning-based learning media, e-learning is an example of the use of information and communication technology that is appropriately used to facilitate a learning process. One type of e-learning is wordwall. This study aims to determine the effect of wordwall media on students' cognitive abilities in the subject of science in grade 5 of elementary school. The type of research used is quantitative research, the method used is an experiment with a one-group pretest posttest only design. The research instrument used uses test questions. Data analysis using instrument test, prerequisite test, hypothesis test. The prerequisite test uses the Normality test. Hypothesis test uses the t-test. The sample used in this study was 15 students of SDN Bogoarum 1 class 5. The results of the study showed that there was an effect of the use of wordwall media on students' cognitive abilities in the 5th grade of elementary school science subjects. This is indicated by the results of the hypothesis test Value sig. (2 tailed) <0.05, 0.000 <0.05. In addition, the posttest score results have a higher average of 88. Because students are more active in learning and better understand the contents of the questions being worked on. This increases student learning outcomes. Keywords: Science Cognitive Ability, Wordwall Media

Item Type: Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1)
Kata Kunci: Kemampuan Kognitif IPAS; Media Wordwall Science Cognitive Ability; Wordwall Media
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DWI FITRIANA NIKEN
Date Deposited: 06 Aug 2024 08:16
Last Modified: 06 Aug 2024 08:16
URI: http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/936

Actions (login required)

View Item View Item