ANDRIYANI, YUNI WULAN (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERNSIASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 3 ARJOSARI. S2 thesis, Universitas PGRI Madiun.
![]() |
Text
cover-daftar Lampiran.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (466kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (630kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (701kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (848kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (441kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (507kB) |
![]() |
Text
lampiran tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Yuni wulan Andriyani, 2025, penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 3 Arjosari . Tesis. Madiun: Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, sekolah Pascasarjana, Universitas PGRI Madiun. Pembimbing (1) Dr. Ibadullah Malawi`, M.Pd., pembimbing (2) Dr. Nurhadji Nugraha, S.Pd.,MM Kata Kunci : Pembelajaran Berdiferensiasi, Motivasi, Hasil Belajar Pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Arjosari khususnya kelas VII belum memenuhi kebutuhan belajar setiap individu siswa, hal ini membuat motivasi belajar siswa cenderung rendah dalam kegiatan pembelajaran, sehingga membuat siswa kurang aktif dan kurang bersemangat dalam proses pembelajaran. Faktor lain adalah kurangnya variasi strategi pembelajaran yang digunakan guru. Rendahnya motivasi belajar ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah, hal ini dapat dilihat dari ketutasan belajar siswa yang hanya dicapai oleh 50% siswa. Untuk itu diperlukan strategi pembelajaran yang berpihak pada kebutuhan individu siswa sehingga siswa termotivasi dalam belajar dan hasil belajarnya menjadi bagus. Salah satu strategi pembelajaran yang dianggap sesuai untuk memecahkan permasalahan yang ada adalah penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian Ini bertujuan untuk meneningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Metode penelitian mengunakan penelitian tindakkan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Arjosari yang berjumlah 16 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dalam setiap siklus mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refkleksi. Pengumpulan data mengunakan teknik observasi, angket, tes dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data dan validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa VII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Arjosari. Motivasi belajar siswa menujukkan peningkatan yang bagus dari hasil kegiatan prasiklus yang menujukkan bahwa 56,25 % siswa mempunyai motivasi belajar yang rendah kemudian pada siklus I mengalami peningkatan dengan 75% siswa mempunyai motivasi belajar sedang dan disiklus II semua 100% siswa mempunyai motivasi belajar sangat tinggi. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari kegiatan prasiklus hanya 50% siswa yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan belajar yang telah ditentukan, lalu pada siklus 1 sebanyak 62,5% mencapai hasil belajar yang ditentukan dan pada siklus II 99% siswa telah mencapai hasil belajar yang ditentukan.
Item Type: | Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S2) |
---|---|
Kata Kunci: | Differentiated Learning, Motivation, Learning Outcomes |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Pascasarjana Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | ANDRIYANI WULAN YUNI |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 06:46 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 06:46 |
URI: | http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/2920 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |