Ayu Kinasih, Dita (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RADEC BERBANTUAN MEDIA KOMIK DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.
Text
HALAMAN DEPAN_DITA AYU KINASIH.pdf Download (634kB) |
|
Text
ABSTRAK_DITA AYU KINASIH.pdf Download (47kB) |
|
Text
BAB I_DITA AYU KINASIH.pdf Download (285kB) |
|
Text
BAB II_DITA AYU KINASIH.pdf Download (460kB) |
|
Text
BAB III_DITA AYU KINASIH.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
|
Text
BAB IV_DITA AYU KINASIH.pdf Restricted to Repository staff only Download (735kB) |
|
Text
BAB V_DITA AYU KINASIH.pdf Download (11kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_DITA AYU KINASIH.pdf Download (389kB) |
|
Text
LAMPIRAN_DITA AYU KINASIH-compressed.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Dita Ayu Kinasih. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Berbantuan RADEC Media Komik Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas PGRI Madiun. Pembimbing (I) Rissa Prima Kurniawati (II) Pinkan Amita Tri Prasasti Berdasarkan observasi di MIN 2 Kota Madiun diketahui bahwa prestasi belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kurang memuaskan. Kondisi ini disebabkan oleh dominannya penggunaan metode ceramah oleh guru pada saat pembelajaran. Buku teks yang disediakan sekolah merupakan satu-satunya bahan materi yang dapat digunakan oleh guru dan siswa. Partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia juga terkesan kurang aktif. Dalam penelitian ini, desain yang digunakan adalah True Experimental Design. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kabupaten Taman Kota Madiun Provinsi Jawa Timur. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV C MIN 2 Kota Madiun yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran RADEC berbantuan media komik digital. Pada siswa kelas IV D terdapat 30 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan model pembelajaran RADEC berbantuan media komik digital dibandingkan dengan metode ceramah terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas IV. Data penelitian diperoleh dengan memberikan posttest berupa soal pilihan ganda dan menggunakan analisis uji t sehingga diperoleh nilai t hitung sebesar (2,9635) t tabel (2,02439) jika dibandingkan dengan 2,9635 > 2,02439 maka dapat diambil kesimpulan bahwa H0 adalah ditolak dan H1 diterima. Jadi terdapat keefektifan model pembelajaran RADEC berbantuan media komik digital terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas IV. Kata Kunci: RADEC; Indonesia; sekolah dasar; Komik Digital ABSTRACT Dita Ayu Kinasih. 2024. Effectiveness of the RADEC Assisted Learning Model Digital Comic Media on Elementary School Student Learning Outcomes. Primary School Teacher Education study program, FKIP, PGRI Madiun University. Supervisor (I) Rissa Prima Kurniawati (II) Pinkan Amita Tri Prasasti Based on observations at MIN 2 Madiun City, it is known that student learning achievement in Indonesian language lessons is less than satisfactory. This condition is caused by the dominant use of the lecture method by teachers during learning. Textbooks provided by schools are the only materials that can be used by teachers and students. Student participation in Indonesian language learning activities also seems less active. In this research, the design used was True Experimental Design. The method used in this research is the experimental method. The population is all fourth grade students in elementary schools in Taman Kota Madiun District, East Java Province. The samples taken in this research were students of class IV C MIN 2 Madiun City with a total of 34 students as an experimental class using the RADEC learning model assisted by digital comic media. In class IV D students there were 30 students as the control class. Based on the research results, it can be concluded that there is an influence between the use of the RADEC learning model assisted by digital comic media compared to the lecture method on class IV Indonesian language learning outcomes. Research data was obtained by giving a posttest in the form of multiple choice questions and using t test analysis to obtain a calculated t value of (2.9635) t table (2.02439) when compared to 2.9635 > 2.02439, the conclusion can be drawn that H0 is rejected and H1 is accepted. So there is the effectiveness of the RADEC learning model assisted by digital comic media on class IV Indonesian language learning outcomes. Keywords: RADEC; Indonesian; Elementary school; Digital Comics
Item Type: | Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1) |
---|---|
Kata Kunci: | Kata Kunci: RADEC; Bahasa Indonesia; Sekolah Dasar; Komik Digital |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | KINASIH AYU DITA |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 01:47 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 01:47 |
URI: | http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/1229 |
Actions (login required)
View Item |