ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DI SDN KUTUWETAN KABUPATEN PONOROGO)

Royan Eka Yahya, Yahya (2024) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DI SDN KUTUWETAN KABUPATEN PONOROGO). S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.

[img] Text
Halaman depan.pdf

Download (864kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (862kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (536kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (525kB)
[img] Text
Lampiran (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui kemampuan menulis puisi siswa kelas IV SDN Kutuwetan, (2) mengetahui kendala yang dialami siswa dalam penulisan puisi, (3) mengetahui faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menulis puisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah 5 siswa kelas IV SDN Kutuwetan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini melakukan 2 kali observasi dengan fokus observasi pada pembelajaran guru di kelas, kemampuan pemahaman siswa terhadap penjelasan guru, dan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Wawancara dilakukan dengan guru kelas dan siswa kelas IV SDN Kutuwetan. Dokumentasi berupa hasil karya puisi siswa yang kemudian dianalisis sesuai dengan kisi-kisi penilaian. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) berdasarkan 5 subjek didapatkan hasil kemampuan menulis puisi siswa dimana 2 siswa perempuan mandapat kategori sangat baik, 1 siswa perempuan dengan kategori baik, dan 2 siswa laki-laki dengan kategori kurang baik. (2) Siswa yang mendapatkan kategori menulis kurang baik mengalami kesulitan menulis puisi dalam aspek pemilihan diksi, penyusunan kalimat imajinasi, dan penyampaian amanat. (3) Faktor yang mempengaruhi siswa mengalami kesulitan menulis puisi disebabkan karena faktor internal dan eksternal siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1)
Subjects: A Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ROYAN EKA YAHYA
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:24
Last Modified: 13 Aug 2024 04:24
URI: http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/1125

Actions (login required)

View Item View Item