Anggraini, Dinik Sri Haryuniayu (2024) PREVALENSI DAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENULISAN KARYA ILMIAH. S2 thesis, Universitas PGRI Madiun.
![]() |
Text
HALAMAN PENDAHULUAN DAN COVER.pdf Download (921kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (404kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN TESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Dinik Sri Haryuniayu Anggraini. 2024. Prevalensi dan Faktor-faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sekolah Pascasarjana, Universitas PGRI Madiun. Pembimbing (I) Dr. Bambang Eko Hari Cahyono, M.Pd., (II) Dr. Agung Nasrulloh Saputro, M.Pd. Kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa pada mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah masih rendah. Mahasiswa kesulitan dalam mengadopsi gaya penulisan karya ilmiah, bahkan banyak yang tidak memahami hakikat karya ilmiah. Kesulitan yang dialami mahasiswa tersebut menyebabkan tingginya prokrastinasi akademik. Prokrastinasi merupakan penundaan yang disengaja untuk menyelesaikan tugas hingga menit terakhir atau tenggat waktu yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kondisi pembelajaran mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah, prevalensi prokrastinasi akademik mahasiswa, dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya prokrastinasi akademik mahasiswa pada mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah. Penelitian dilaksanakan selama 6 bulan, berlokasi di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas PGRI Madiun. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian campuran, yaitu pendekatan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah mahasiswa yang sedang atau telah menempuh mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah, peristiwa kegiatan pembelajaran di dalam kelas, dan dokumen-dokumen yang terkait dengan masalah penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan skala prokrastinasi akademik, observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran Penulisan Karya Ilmiah dan kompetensi mahasiswa dalam menulis karya ilmiah perlu diperbaiki, tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa pada mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah tergolong tinggi dan berpengaruh terhadap prestasi belajarnya, serta ada beberapa faktor yang menyebabkan tingginya prokrastinasi akademik, yaitu mahasiswa menganggap tugas yang diberikan dosen memberatkan dirinya, manajemen waktu yang tidak baik, rasa percaya diri yang rendah sehingga ragu terhadap kemampuannya sendiri, efikasi diri rendah, tidak memiliki regulasi diri, menganggap dosen tidak disiplin, menganggap tugas tidak ada pengaruhnya terhadap nilai. Kata kunci: prevalensi, prokrastinasi akademik, penulisan karya ilmiah. ABSTRACT Dinik Sri Haryuniayu Anggraini. 2024. Prevalence and Contributing Factors of Students’ Academic Procrastination in the Course of Writing Scientific Papers. Thesis. Master of Indonesian Language and Literature Education Study Program, Graduate School, Universitas PGRI Madiun. Pembimbing (I) Dr. Bambang Eko Hari Cahyono, M.Pd., (II) Dr. Agung Nasrulloh Saputro, M.Pd. Students in the Scientific Writing course still have a poor level of proficiency while writing scientific papers. It is challenging for students to write scientific papers in the proper format, and many of them don't even know what a scientific paper is. Students' struggles lead to a high rate of academic procrastination. Procrastination is the intentional act of putting off doing a task until the very last minute or right up until the deadline. The purpose of this study is to describe and explain the learning conditions of the Scientific Writing course, the prevalence of student academic procrastination, and the factors that cause student academic procrastination in the Scientific Writing course.The research was conducted for 6 months, located in the Indonesian Language and Literature Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas PGRI Madiun. The research approach use dis a mixed research approach, namely a quantitative descriptive approach and a qualitative descriptive approach. The data sources are students who are or have taken the Scientific Paper Writing course, learning activities in the classroom, and documents related to the research problem. Data collection techniques using academic procrastination scales, observation, interviews, and document studies. Data analysis was carried out quantitatively and qualitatively. The results of the study indicate that the quality of learning in Scientific Writing and students' competence in writing scientific papers need to be improved; the level of academic procrastination of students in the Scientific Writing course is relatively high and has an impact on their learning achievement, and there are a number of reasons why academic procrastination is so common, including the fact that students find their professors' assignments difficult, poor time management, low self-efficacy, and low self-confidence, lack self-control, believe instructors lack discipline, and believe assignments have no bearing on grades. Keyword: prevalence, academic procrastination, scientific writing
Item Type: | Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S2) |
---|---|
Kata Kunci: | Kata kunci: prevalensi, prokrastinasi akademik, penulisan karya ilmiah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Pascasarjana Pendidikan Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | HARYUNIAYU SRI DINIK |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 05:36 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 05:36 |
URI: | http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/2952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |