PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KARANGPATIHAN KECAMATAN BALONG KABUPATEN PONOROGO

Prihatini, Setyo (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KARANGPATIHAN KECAMATAN BALONG KABUPATEN PONOROGO. S2 thesis, Universitas PGRI Madiun.

[img] Text
1. JUDUL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (56kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf

Download (95kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) penggunaan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pembelajaran menulis deskripsi siswa SDN 1 Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo, dan (2) hasil belajar siswa SDN 1 Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo dalam pembelajaran menulis deskrpsi melalui model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Hasil penelitian ini adalah (1) Pada siklus I siswa sudah cukup aktif dengan perolehan nilai rata-rata 11,55 atau masuk dalam kaategori cukup aktif (C). Pada siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 13,50 atau masuk kategori aktif (B). Pengunaan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil siswa dalam menulis. Terbukti dengan nilai hasil menulis siswa yang mengalami peningkatan. Hasil penilaian performansi guru dalam setiap siklus juga mengalami peningkatan. Untuk penilaian kemampuan guru dalam menyusun RPP pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 3,08. Pada siklus II meningkat menjadi 3,5. Hasil penilaian performansi guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai 3,2. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh meningkat menjadi 3,6. (2) Hasil belajar siswa pada siklus I nilai terendah siswa adalah 58 dan nilai tertinggi siswa adalah 81. Pada siklus II nilai terendah siswa adalah 61 dan nilai tertinggi siswa adalah 85. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I terdapat 15 siswa atau 75% yang mencapai ketuntasan hasil belajar (memperoleh nilai 61 ke atas). Pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 20 siswa atau (100%) siswa tuntas belajar.

Item Type: Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S2)
Kata Kunci: menulis, deskripsi, model, dan kontekstual
Subjects: A Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Pascasarjana Pendidikan Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: SETYO PRIHATINI SETYO
Date Deposited: 24 Mar 2025 03:20
Last Modified: 24 Mar 2025 03:20
URI: http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/2947

Actions (login required)

View Item View Item