PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL INTERAKTIF DAN BERFIKIR ANALITIS DALAM PEMBELAJARAN SASTRA TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SMA MUHAMMADIYAH PONOROGO

WARDANI, HERTINA AYU KUSUMA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL INTERAKTIF DAN BERFIKIR ANALITIS DALAM PEMBELAJARAN SASTRA TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SMA MUHAMMADIYAH PONOROGO. S2 thesis, UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

[img] Text
cover tesis_merged.pdf

Download (965kB)
[img] Text
ABSTRAK REVISI_merged (1).pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB 1 T REVISI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB 2 T REVISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB 3 T REVISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 REVISI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 REVISI FIX.pdf

Download (384kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA TT.pdf

Download (463kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Hertina Ayu Kusuma Wardani. 2022. Pengaruh Penggunan Media Digital Interaktif dan Berfikir Analitis Dakam Pembelajaran Sastra Terhadap Pengembangan Karakter Siswa SMA Muhammadiyah Ponorogo Tesis. Madiun: Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pascasarjana, Universitas PGRI Madiun. Pembimbing (I) Dr. Bambang Eko Hari Cahyono,M.Pd., (II) Dr. Sigit Ricahyono, M.Pd. Kata kunci: Media digital,interaktif, Berfikir Analitis,Pengembangan Karakter Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang media Digital interaktif dan berfikir analitis dalam pembelajaran Sastra terhadap pengembangan karakter siswa sma muhammadiyah Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif semu. Sumber data yang digunakan adalah . Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan teknik analisis tematik. Data itu nantinya dapat dihitung dan diukur secara langsung, dalam bentuk angka atau statistik. Data kuantitatif dapat berupa nilai pencapaian siswa terhadap pembelajaran. Metode pengumpulan data kuantitatif yang umum digunakan adalah survei. Survei dilakukan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada responden melalui angket atau kuesioner yang diberikan peneliti kepada siswa. Obyek peneliti yaitu, siswa SMA Muhammadiyah Ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital interaktif memberikan dampak positif terhadap keterlibatan siswa SMA Muhammadiyah Ponorogo. Dalam pembelajaran, yang berkontribusi pada peningkatan karakter siswa, seperti kedisiplinan, tanggung jawab, dan kerjasama. Penggunaan media digital memungkinkan siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran dan mengasah kemampuan berpikir analisis mereka, yang juga berperan dalam perkembangan karakter. Penelitian ini menemukan bahwa kemampuan berpikir analitis berperan penting dalam pengambilan keputusan yang lebih baik dan pengelolaan emosi siswa, yang pada gilirannya mendukung pengembangan karakter mereka berdasarkan temuan ini, disarankan agar sekolah lebih memaksimalkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan memberikan pelatihan kepada guru untuk meningkatkan pemahaman mereka dalam penggunaan media digital interaktif

Item Type: Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S2)
Kata Kunci: Media digital,interaktif, Berfikir Analitis,Pengembangan Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Pascasarjana Pendidikan Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: KUSUMA AYU HERTINA
Date Deposited: 26 Mar 2025 01:44
Last Modified: 26 Mar 2025 01:44
URI: http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/2712

Actions (login required)

View Item View Item