PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA KARTU DIGITAL MATERI MENYIMPULKAN ISI GAMBAR DALAM BEBERAPA KALIMAT PADA SISWA KELAS 3 SD 01 JOSENAN KOTA MADIUN

VIVIAN, PUTRI (2024) PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA KARTU DIGITAL MATERI MENYIMPULKAN ISI GAMBAR DALAM BEBERAPA KALIMAT PADA SISWA KELAS 3 SD 01 JOSENAN KOTA MADIUN. S1 thesis, UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

[img] Text
vivian_HALAMAN DEPAN.pdf

Download (674kB)
[img] Text
vivian_ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
vivian_Bab 1.pdf

Download (94kB)
[img] Text
VIVIAN_bAB 2.pdf

Download (142kB)
[img] Text
vivian_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
vivian_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
vivian_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
VIVIAN_BAB 6.pdf

Download (35kB)
[img] Text
vivian_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
VIVIAN_lampiran.pdf

Download (594kB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu permasalahan yang dihadapi pada Siswa Kelas III di SDN 01 Josenan adalah mengenai rendahnya siswa dalam menyusun sebuah kalimat pada kesimpulan. Hal tersebut terjadi karena rendahnya nilai siswa pada materi menyusun kalimat yang disebabkan siswa kurang memahami materi tentang kalimat yang disampaikan. Siswa kesulitan dalam menyusun kalimat dikarenakan guru hanya berfokuskan pada buku pelajaran saja tidak menggunakan alat peraga lain untuk membantu menyampaikan materi kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis pengembangan kartu gambar digital untuk mempermudah siswa dalam menyusun kalimat pada siswa kelas III. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan kartu gambar digital untuk mempermudah siswa dalam menyusun kalimat pada siswa kelas III. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan atau sering dikenal dengan sebutan Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini menggunakan data primer berupa siswa kelas III dan Guru SDN I Josenan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penyebaran angket kepada siswa kelas III dan Guru SDN I Josenan. Sedangkan teknik analisis dilakukan analisis secara kualitatif, yaitu berasal dari hasil penyebaran angket kuisioner dan wawancara. Hasil penelitian menemukan bahwa Validasi ahli materi menunjukkan nilai 88% yang masuk kategori sangat layak, sehingga media kartu gambar digital layak diuji coba pada guru dan peserta didik. Uji coba pada guru memperoleh respons positif dengan nilai 96%, termasuk kategori sangat layak. Uji coba pada peserta didik juga memperoleh respons positif dengan nilai 94%, termasuk kategori sangat layak. Kata Kunci: Media kartu bergambar, menyusun kalimat ABSTRACT One of the problems faced by Grade III students at SDN 01 Josenan is the low level of students in constructing a sentence in the conclusion. This occurs because of the low grades of students in the material on constructing sentences caused by students not understanding the material about the sentences presented. Students have difficulty constructing sentences because teachers only focus on textbooks and do not use other teaching aids to help convey the material to students. This study aims to analyze the development of digital picture cards to make it easier for students to construct sentences in grade III students. This study also aims to determine the feasibility of digital picture cards to make it easier for students to construct sentences in grade III students. This study is included in the type of research and development or often known as Research and Development (R&D) ADDIE development model. The subjects of this study used primary data in the form of grade III students and teachers at SDN I Josenan. The data collection technique in this study used questionnaires to grade III students and teachers at SDN I Josenan. While the analysis technique was carried out qualitatively, namely from the results of distributing questionnaires and interviews. The results of the study found that the validation of material experts showed a value of 88% which was categorized as very feasible, so that the digital picture card media was feasible to be tested on teachers and students. The trial on teachers received a positive response with a value of 96%, including the very feasible category. The trial on students also received a positive response with a value of 94%, including the very feasible category. Keywords: Picture card media, compiling sentences

Item Type: Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1)
Kata Kunci: Media kartu bergambar, menyusun kalimat
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: MARETHA PUTRI VIVIAN
Date Deposited: 24 Aug 2024 03:39
Last Modified: 24 Aug 2024 03:39
URI: http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/1737

Actions (login required)

View Item View Item