Pengaruh Penggunaan Smart Card Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar

Mauludfi, Nabila (2024) Pengaruh Penggunaan Smart Card Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (347kB)
[img] Text
ABSTRAK (IN,ENG).pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (420kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di SDN 3 Tanjung di temukan permasalahan pada rendahnya nilai siswa kelas IV pada pembelajaran IPAS di awal semester sekitar 70%-78%. Hal ini dikarenakan beberapa dari siswa yang masih belum sepenuhnya bisa memahami pembelajaran IPAS di awal pelaksanaan kurikulum merdeka yang baru. Hal tersebut dapat dilihat dari rendahnya nilai prestasi dari sebelum pemberlakuan pembelajaran IPAS pada kurikulum merdeka dan setelah pembelajaran IPAS pada kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media smart card terhadap kemampuan kognitif siswa kelas IV pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Populasi penelitian sebanyak 2 sekolah dan sampel penelitian ini yaitu kelas IV SDN 3 Tanjung sebesar 19 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A SDN Kediren sebesar 19 peserta didik sebagai kelas kontrol . Metode analisis data menggunakan metode kuasi eksperimen (quasi eksperimental design) dengan dua kelompok yang dipilih acak. Teknik pengumpulan data dan teknik analisis data yaitu kuantitatif dan diujikan dengan diuji asumsi, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian dengan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dan uji paired sample t-test didapatkan hasil yang signifikasi sebesar 0,0000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh media smart card terhadap kemampuan kognitif pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NABILA MAULUDFI NABILA
Date Deposited: 12 Aug 2024 05:54
Last Modified: 12 Aug 2024 05:54
URI: http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/1451

Actions (login required)

View Item View Item