Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Pada Rumah Ikan Mas Agus Madiun

Zainal, Afandi and Liliek, Nur (2016) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Pada Rumah Ikan Mas Agus Madiun. MAHARDIKA, 14 (2). pp. 201-212. ISSN 0854-0861

[img]
Preview
Text
6. Jurnal Mardika.pdf

Download (758kB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/file/d/186Mj0ZeqvkWOsFLbs...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor - faktor apa saja yang mempengaruhi loyalitas konsumen pada Rumah Makan Gule Kepala Ikan Mas Agus Madiun dan faktor yang dominan yang mempengaruhi loyalitas konsumen pada Rumah Makan Gule Kepala Ikan Mas Agus Madiun. Penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling, dengan kriteria konsumen yang telah melakukan pembelian 2 kali atau lebih dan tehnik yang dipakai adalah tehnik aksidental dan menggunakan kuisoner sebagai sumber data dalam pengumpulannya. Kuisoner diperoleh dari 100 responden Rumah Makan Gule Kepala Ikan Mas Madiun. Hasil dari kuisoner di analisis menggunakan metode analisis faktor pada software SPSS 17.0 dengan 21 butir pertanyaan, dan hasil analisis faktor memperoleh 6 faktor yang mempenggaruhi loyalitas pada Rumah Makan Gule Kepala Ikan Mas Madiun, yaitu (a) kualitas pelayanan (b) Keterjangkauan bagi masyarakat, (c) Tampilan fisik dan Kepuasan konsumen (d) Kebersihan (e) Kualitas produk, (f) Harga. Dan faktor yang dominan adalah kualitas pelayanan konsumen dengan variance sebesar 40,342%. Persentase kumulatif variance sebesar 70.328 % yang mana hasil prosentase tersebut mampu menjelaskan faktor - faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen sebesar 70.328%. dan sisanya dipengaruhi selain faktor – faktor lain The aim of research is for knowing which factors influence the customer‟s loyalty of Mas Agus Gule Kepala Ikan restaurant in Madiun and for knowing which factor being dominant in influencing the customer‟s loyalty of Mas Agus Gule Kepala Ikan restaurant in Madiun. This research used the nonprobability sampling, by using the criteria that customer ever bought the product the restaurant twice or more, then the technic used accidental sampling and used questionnaire such as the data resourse of the collecting date process. The questionnaire got from 100 respondents of Mas Agus Gule Kepala Ikan restaurant in Madiun. The result of questionnaire analysed by using factor analysis method in software SPSS 17.0. Included 21 questions. And it‟s result got 6 factors which influence of customer loyalty of Mas Agus Gule Kepala Ikan restaurant in Madiun, such as 1). Service quality, 2). Reachable price, 3). Tangible and customer satisfaction, 4). The cleaness, 5). Product quality ,6). Price. And the dominant factor in this research is service quality by variance 40,342%. The presentasion of comulatif variance about 70,328 which these result be able to explain the factors which influence the customer‟s loyalty and another ones influenced by another factors. Kata kunci : Loyalitas konsumen, Analisis faktor Keyword : Customer Loyalty, Analysis Factor

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 9 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2018 07:51
Last Modified: 12 Sep 2018 07:51
URI: http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/26

Actions (login required)

View Item View Item