PEMBELAJARAN SEJARAH TRANSFORMATIF Untuk Materi Sejarah Kontroversial

Hartono, Yudi and Huda, Khoirul (2019) PEMBELAJARAN SEJARAH TRANSFORMATIF Untuk Materi Sejarah Kontroversial. UNIPMA Press. ISBN 78-602-0725-68-0

[img]
Preview
Text
50. Pembelajaran_sejarah_transformatif___untuk_materi.pdf

Download (634kB) | Preview

Abstract

Buku ini merupakan pengembangan dari hasil penelitian dasar Dikti “Pembelajaran Materi G 30 PKI di SMA Kabupaten dan Kota Madiun (Analisis Wacana Krisis Norman Fairclaugh). Pembelajaran sejarah yang transformatif dapat menjadi alternatif untuk materi sejarah yang masih menjadi kontroversi seperti G 30 S/PKI. Pembelajaran sejarah dengan muatan edukatif akan kesadaran membangun nilai-nilai. Siswa dilibatkan aktif dalam upaya membangun kesadaran nilai. Pembelajaran sejarah diarahkan pada active historical thingking agar terbangun kesadaran sejarah dalam pembelajaran yang kontekstual dan menghadirkan dialog terbuka. Melalui pembelajaran sejarah yang transformatif, pembelajaran materi sejarah kontroversial seperti G 30 S/PKI lebih di diarahkan pada didaktik historis dengan tidak mengabaikan historis akademik.

Item Type: Book
Subjects: D History General and Old World > DS Asia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Kewirausahaan UNIPMA
Date Deposited: 13 Mar 2021 03:51
Last Modified: 13 Mar 2021 03:51
URI: http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item View Item