Puji Widyarti, Widyarti (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA FOR EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PELUANG USAHA KELAS XI TKJ SMK PGRI WONOASRI. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.
Text
Halaman Depan Skripsi Riska.pdf Download (1MB) |
|
Text
abstract 1-2_Skripsi Riska Puji Widyarti.pdf Download (75kB) |
|
Text
BAB I Skripsi Riska 2002107011.pdf Download (104kB) |
|
Text
BAB II Skripsi Riska_2002107011.pdf Download (289kB) |
|
Text
BAB III Skripsi Riska_2002103011.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
|
Text
BAB IV Skripsi Riska_2002107011.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
|
Text
BAB V_Skripsi Riska Puji Widyarti.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
Text
BAB VI_Skripsi Riska Puji Widyarti 2020107011.pdf Download (150kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_Skripsi Riska Puji Widyarti 2002107011.pdf Download (90kB) |
|
Text
LAMPIRAN_Skripsi Riska Puji Widyarti.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan e-modul berbasis Canva for Education dan keberhasilan media belajar e-modul dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran, dan angket respon siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI Wonoasri pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK PGRI Wonoasri sebanyak 7 orang untuk uji coba terbatas dan 21 orang untuk uji coba lapangan. Penelitian ini menggunakan metode 4D , yaitu Define, design, develop, dan disseminate. Teknik analisis data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil pengembangan e-modul berbasis Canva for Education untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik materi peluang usaha kelas XI TKJ SMK PGRI Wonoasri berdasarkan ahli materi memberikan penilaian sebesar 95,8%, ahli media memberikan penilaian sebesar 97,6%, validator angket respon guru sebesar 97%, hasil uji coba terbatas memperoleh nilai 76,4% hasil angket respon peserta didik uji coba lapangan memperoleh nilai 81%. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa media pembelajaran e-modul berbasis Canva for Education yang dikembangkan mempengaruhi tingkat motivasi belajar peserta didik terhadap materi peluang usaha.
Item Type: | Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1) |
---|---|
Kata Kunci: | Pengembangan, E-modul , Canva for Education, Motivasi Belajar Pengembangan, E-modul , Canva for Education, Motivasi Belajar Pengembangan;E-modul;canva for eduaction;motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | WIDYARTI PUJI RISKA |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 08:24 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 08:24 |
URI: | http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/751 |
Actions (login required)
View Item |