PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BIOLOGY PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 GEGER

Atmojo, Frihatnolo Pardani (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BIOLOGY PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 GEGER. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.

[img] Text
Skripsi_Frihatnolo_Halaman depann-1-16.pdf

Download (632kB)
[img] Text
Skripsi_Frihatnolo_Abstrak.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Skripsi_Frihatnolo_Bab I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Skripsi_Frihatnolo_Bab II.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Skripsi_Frihatnolo_Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
Skripsi_Frihatnolo_Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Frihatnolo_Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] Text
Skripsi_Frihatnolo_Bab VI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Skripsi_Frihatnolo_Daftar Pustaka.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Skripsi_Frihatnolo_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pelajaran IPA berupa flipbook biology. Flipbook biology dikembangkan untuk mendukung proses penyampaian pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design,Develop, Implement, Evaluate). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Gegerdengan subjek penetian adalah peserta didik kelas VIII D dan VIII C. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,dokumentasi, angket, dan tes soal. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi produk,lembar validasi angket respon peserta didik, angket validasi soal, lembar angket respon peserta didik, dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flipbook biology memenuhi (1) kriteria valid dengan persentase kevalidan 86,25%, (2) kriteria praktis dengan persentase 89,12%, (3) kriteria efektif dengan perhitungan N-Gain mendapatkan hasil persentase keefektifan sebesar 49,98%. Berdasarkan data yang didapat menunjukkan bahwa flipbook biology memenuhi kriteria valid,praktis, dan kurang efektif sehingga cukup layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran IPA yang berfungsi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1)
Kata Kunci: Flipbook Biology, Sistem pernapasan manusia, Bahan Ajar
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NE Print media
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ATMOJO PARDANI FRIHATNOLO
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:19
Last Modified: 13 Aug 2024 07:19
URI: http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/740

Actions (login required)

View Item View Item