KEEFEKTIFAN MODEL TEAMS GAME TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V MIN 6 MAGETAN

QOIMATUL FADLILA, ROSSY (2024) KEEFEKTIFAN MODEL TEAMS GAME TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V MIN 6 MAGETAN. S1 thesis, UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (408kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Teams Game Tournament terhadap keaktifan belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas V MIN 6 Magetan. Responden dari penelitian ini berjumlah 51 siswa. Kelas eksperimen berjumlah 27 siswa, sedangkan kelas kontrol berjumlah 26 siswa. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan kuesioner (angket) dan dianalisis dengan menggunakan rumus uji Liliefors dan uji Bartlett menggunakan excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen keaktifan belajar pada peserta didik kelas V yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament berbantuan media teka-teki silang sebesar 68.78, sedangkan keaktifan belajar yang menggunakan model konvensional dengan media gambar memperoleh nilai rata-rata sebesar 65.08. Model pembelajaran Teams Game Tournament berbantuan media teka-teki silang efektif terhadap keaktifan belajar IPA pada kelas V MIN 6 Magetan dengan materi sistem pencernaan manusia. Hal ini berdasarkan data dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai t_hitung= 1.945 dengan t_tabel=1,675 untuk keaktifan belajar siswa. Karena terlihat bahwa t_hitung> t_tabel artinya H_0 ditolak sehingga H_1 diterima, disimpulkan bahwa siswa yang memperoleh model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) berbantuan media teka teki silang lebih efektif daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional dengan media gambar, terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1)
Kata Kunci: TGT;KEAKTIFAN BELAJAR;TEKA-TEKI SILANG
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: FADLILA QOIMATUL ROSSY
Date Deposited: 31 Jul 2024 05:38
Last Modified: 31 Jul 2024 05:38
URI: http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item View Item