PERAN PURCHASING DAN RECEIVING DALAM MENINGKATKAN QUALITY OF GOODS DEMI KELANCARAN OPERASIONAL DI HOTEL SOLARIS MALANG

Wahyu Indah Lestari, Wilsa (2024) PERAN PURCHASING DAN RECEIVING DALAM MENINGKATKAN QUALITY OF GOODS DEMI KELANCARAN OPERASIONAL DI HOTEL SOLARIS MALANG. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.

[img] Text
1. Halaman Depann.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (503kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (419kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil pengalaman lapangan dan observasi penulis tentang pengadaan barang purchasing dan receiving semua departement di Hotel Solaris Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara dan studi dokumentasi selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pola pikir deduktif. Dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kepada Manager, Purchasing dan receiving dan untuk selanjutnya melakukan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa hal berkaitan dengan pengadaan barang di Hotel Solaris Malang. yaitu: a) Ketika ada salah satu permintaan dari user yang dikirim oleh vendor/suplier ternyata tidak dibawakan atau tidak ready tanpa pemberitahuan kepada pihak hotel solusinya adalah Memilih vendor atau pemasok dengan Kriteria pemasok barang yang digunakan oleh seorang purchasing ada 3 syarat yaitu kualitas yang paling bagus, harga yang paling murah dan bisa di ajak kerja sama dalam bentuk kredit (pembayaran lebih fleksibel) b), Sering terjadi nota ada 4 item, namun barang yang dibawakan 3 item dan nota di coret secara sepihak oleh pihak vendor tanpa di revisi atau dibuatkan ulang nota baru solusinya adalah Vendor sebelum dilakukan kerjasama ada baiknya perlu dibuat aturan yang dituangkan dalam SOP dalam hal pembelian barang sehingga vendor harus mematuhi aturan yang telah dibuat c). Kesulitan berhubungan dengan banyak pihak baik internal maupun eksternal karena purchasing minimal mempunyai 3 vendor untuk bisa membandingkan harga solusinya adalah vendor harus memiliki kualifikasi yaitu kualitas yang paling bagus, harga yang paling murah dan bisa di ajak kerja sama dalam bentuk kredit (pembayaran lebih fleksibel), bagian purchasing melakukan kerjasama dengan purchasing hotel lain untuk mendapatkan supplier yang bagus dengan kualitas yang terjamin d) Selama hari libur tim purchasing dan receiving dapat melakukan order barang melalui call/chat whatsapp. hanya saja tim receiving tidak dapat menerima dan mengecek barang tersebut secara langsung solusinya adalah perlu adanya pemisahan tugas receiving dan purchasing dilakukan oleh dua orang yang berbeda dengan pengawasan dari cost control.sehingga bila salah satu tidak masuk maka dapat digantian oleh staff yang lainnya Kata Kunci : Purchasing,receiving,pengadaan barang

Item Type: Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1)
Kata Kunci: Purchasing,receiving,pengadaan barang
Subjects: A Social Sciences > HG Finance
Depositing User: LESTARI INDAH WAHYU
Date Deposited: 23 Jun 2025 02:52
Last Modified: 23 Jun 2025 03:56
URI: http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/3119

Actions (login required)

View Item View Item