Sugiarto, Devy Meliana Putri (2025) PROBLEMATIKA PELAKSANAAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM BERBASIS KOMPUTER PADA SISWA KELAS V DI MI ISLAMIYAH SOGO. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (698kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK B INDO B ING.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Devy Meliana Putri Sugiarto. 2024. Problematika Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum Berbasis Komputer Pada Siswa Kelas V Di Mi Islamiyah Sogo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP. Universitas PGRI Madiun. Pembimbing (I) Dr. Endang Sri Maruti, M.Pd. , (II) Dr. Cerianing Putri Pratiwi, M.Pd AKM merupakan pengganti UN yang telah diadakan tahun 2021 sampai dengan 2024. Adanya peraturan pemerintah tentang pelaksanaan AKM Berbasis Komputer dirancang untuk memotret mutu input, proses, dan hasil belajar yang mencerminkan kinerja sekolah. Namun dalam lapangan muncul berbagai masalah, salah satunya kesiapan sekolah yang kurang mulai dari infrastruktur, kesiapan guru dalam memberikan arahan mengenai materi AKM, dan ada beberapa siswa yang belum mahir mengaplikasikan komputer. Maka diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai problematika pelaksanaan AKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja problematika pelaksanaan AKM dan bagaimana upaya untuk mengatasi problematika pelaksanaan AKM pada siswa kelas V MI Islamiyah Sogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Penelitian ini akan menggambarkan kondisi yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini terlihat problematika yang muncul dilihat dari beberapa aspek yaitu persiapan, pelaksanaan, penyesuaian materi, sarana prasarana, dan hasil AKM. Dari berbagai problematika sekolah berusaha untuk mengupayakan berbagai solusi untuk mengatasi problematika tersebut. Diantaranya dengan motivasi, pemantapan materi, pendampingan, dan penyedian sarana prasarana yang lebih baik. Kata Kunci : Problematika, AKM, Kelas V ABSTRACT Devy Meliana Putri Sugiarto. 2024. Problems of Implementing Computer-Based Minimum Competency Assessments for Class V Students at Mi Islamiyah Sogo. Thesis. Primary School Teacher Education Study Program, FKIP. PGRI Madiun University. Supervisor (I) Dr. Endang Sri Maruti, M.Pd. , (II) Dr. Cerianing Putri Pratiwi, M.Pd AKM is a replacement for the National Examination which will be held from 2021 to 2024. The existence of government regulations regarding the implementation of Computer-Based AKM is designed to reflect the quality of input, processes and learning outcomes that reflect school performance. However, in the field various problems arise, one of which is the lack of school readiness starting from infrastructure, teacher readiness in providing direction regarding AKM material, and there are some students who are not yet proficient in using computers. So further research is needed regarding the problems of implementing AKM. The aim of this research is to find out what the problems are in implementing AKM and how to overcome the problems of implementing AKM among class V students at MI Islamiyah Sogo. This research uses a qualitative approach with a qualitative descriptive type. This research will describe the conditions in the field. Data collection techniques use interviews, observation and documentation. Data analysis used in research includes: data collection, data reduction, data presentation and conclusions. Based on the results of this research, it can be seen that problems arise from several aspects, namely preparation, implementation, adjustment of materials, infrastructure and AKM results. From various problems, schools try to find various solutions to overcome these problems. These include motivation, strengthening materials, mentoring, and providing better infrastructure.
Item Type: | Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1) |
---|---|
Kata Kunci: | Problematika, AKM, Kelas V |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PUTRI MELIANA DEVY |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 03:16 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 03:16 |
URI: | http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/2755 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |