Jaylin, Vicky Mayliga Putra (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI BERORIENTASI MICROLEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SDN WONOAYU. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (988kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (176kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (293kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (169kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain nondesain (PreExperimental), khususnya One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan dalam satu kelas, yang berfungsi sebagai kelompok eksperimen. Sebelum intervensi, dilakukan pre-test untuk mengetahui hasil belajar siswa ketika menggunakan metode tradisional. Kelas eksperimen selanjutnya akan diberi model pembelajaran menggunakan media video animasi. Setelah perlakuan dilakukan post-test untuk mengetahui perbedaan keadaan awal dan akhir. Hasil penelitian ini kategori "sangat rendah" (0 siswa, 0%), "rendah" (6 siswa, 40%) dalam hal minat membaca. Tetapi terdapat 9 siswa, (60%) yang berkategori “sedang" dan 0 siswa (0%) yang termasuk kategori “tinggi” dari hasil belajar. Namun tidak ada siswa yang termasuk dalam kategori “sangat tinggi”. Yang menunjukan bahwa jumlah siswa sebanyak 15 dengan nilai minimum 76, maksimum 98, mean 85.83, dan devitiation (simpang baku) 7.386. Hasil tes siswa IV SDN Wonoayu 2023/2024 dengan jumlah siswa 15 dibuktikan dengan efektivitas media animasi (X) terhadap hasil belajar pembelajaran IPAS(Y) data yang diperoleh dari hasil uji paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang sig (2 tailed) yaitu 0,000. Nilai tersebut menunjukkan bahwa 0,000 0,05 menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perlakuan yang telah diberikan pada setiap variabel. Selanjutnya, ditemukan bahwa nilai rata rata (mean) dari pretest dan posttest adalah sebesar 65.833. Maka dapat disimpulkan bahwa respon siswa setuju dengan media animasi berorientasi microlearning terhadap peningkatan hasil belajar IPAS bisa dilihat dari angket respon siswa menyatakan sangat setuju dengan rata-rata interval siswa ialah sebesar 88,53 yang artinya berkategori baik.
Item Type: | Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1) |
---|---|
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Media Animasi, Pembelajaran IPAS |
Subjects: | A Social Sciences > H Social Sciences (General) N Fine Arts > NE Print media Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PUTRA MAYLIGA VICKY |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 05:17 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 05:17 |
URI: | http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/1367 |
Actions (login required)
View Item |