PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA DIGITAL BERBASIS QR–CODE PADA MUATAN PELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS V SEKOLAH DASAR

Yanti, Anisa Zuraida Eka (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA DIGITAL BERBASIS QR–CODE PADA MUATAN PELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.

[img] Text
Halaman Depan .pdf

Download (810kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB I annisa.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB II annisa.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Lampiran (2).pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fakta lapangan bahwasannya peserta didik merasa bosan di saat pembelajaran IPAS, dan peserta didik kurang memahami akan konsep pembelajaran IPAS. Disaat kegiatan pembelajaran berlangsung biasanya guru hanya menggunakan media pembelajaran berupa PPT dan juga Canva yang kurang menarik perhatian peserta didik selain itu juga disaat kegiiatan evaluasi pembelajaran guru tidak menggunakan media digital untuk mengetahui kemampuan atau pemahaman peserta didik terhadap materi yang diberikan. Dengan adanya hal tersebut maka peneliti memilih media ular tangga digital yang berbasis Qr-Code dengan model pembelajaran PBL sebagai salah satu media pembelajaran terutama dalam kegiatan evaluasi berlangsung. Media ini dirancang dengan menggunakan metode Research &Development (R&D) dengan model ADDIE. Setelah media dikembangkan peneliti melakukan uji kelayakan produk kepada tiga ahli, yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Untuk penilaian dari ahli media mendapatkan persentase sebsar 88% dengan kategori “sangat layak”, ahli materi juga mendapatkan persentase 88% dengan kategori “Sangat llayak” dan yang terakhir ahli bahasa mendapatkan skor sebanyak 97% dengan kategori “sangat layak”. Setelah melalui uji validasi , peneliti selanjutnya melakukan uji coba media pembelajaran ular tangga digital berbasisi Qr-code kepada para pengguna yakni guru dan siswa kelas V Sdn oro-oro ombo. Untuk angket siswa memperoleh persentase sebanyak 93% dengan kategori “Sangat Layak”, 92% berdasarkan nilai dari angket guru. dengan kategori “sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ular tangga digital berbasisi Qr-Code ini sangat layak untuk digunakan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Ular Tangga Digital, Qr-Code, IPAS, Problem Based Learning (PBL), Kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1)
Kata Kunci: Kata Kunci: Media Pembelajaran, Ular Tangga Digital, Qr-Code, IPAS, Problem Based Learning (PBL), Kelas V Sekolah Dasar.
Subjects: Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: EKA ZURAIDA ANISA
Date Deposited: 12 Aug 2024 05:33
Last Modified: 12 Aug 2024 05:33
URI: http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/1358

Actions (login required)

View Item View Item