Anggraeni, Nursofiah (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Pada pembelajaran PPKn kelas X dan XI di MA Negeri 1 Ngawi. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.
Text
halaman depan aang fiksssss.pdf Download (779kB) |
|
Text
abstrak 2 aang.pdf Download (364kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (618kB) |
|
Text
bab 2 fiks.pdf Download (861kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (859kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) |
|
Text
bab 6.pdf Download (533kB) |
|
Text
dafpus.pdf Download (508kB) |
|
Text
lampiran-lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan mengenai implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas X dan XI di MA Negeri 1 Ngawi. Jenis penilitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metodelogi fenomenologi. Informan pada penelitian ini sebanyak 7 orang terdiri dari kepala sekaolah, wakil kepala kurikulum, Guru PPKn kelas X dan XI serta 2 orang siswa kelas X dan 2 orang siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara serta dokumentasi yang kemudian akan divalidasi menggunakan triagulasi sumber, serta akan dilakukan analisis untuk mendapat sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kurikulum ini mengajarkan pembelajaran yang lebih fleksibel, kreatif dan bermakna. Hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran PPKn pada kelas X dan XI di MA Negeri 1 Ngawi yang lebih aktif. Untuk dapat melaksanakan pembelajaran yang aktif guru akan merancang modul ajar. Modul ajar yang disusun oleh guru PPKn MA Negeri 1 Ngawi disesuikan dengan kebutuhan siswa, relavan, bermakna dan berkesinambungan. dan untuk evaluasi pembelajaran berbentuk tes formatif dan submatif. implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PPKn membawa dampak yang positif karena siswa siswa lebih merasa bebas dalam belajar yang sesuai dengan potensi yang telah milikinya. Siswa juga merasa lebih tidak mudah bosan karena metode pembalajaran yang beragam. This research aims to describe the implementation of the independent curriculum in teaching Pancasila and Citizenship Education for classes X and XI at MA Negeri 1 Ngawi. The type of research used in this research is qualitative with phenomenological methodology. The informants in this study were 7 people consisting of the school principal, deputy head of curriculum, PPKn teachers for classes X and XI as well as 2 students in class X and 2 students in class XI. The data collection techniques used in this research are observation, interviews and documentation which will then be validated using source triagulation, and analysis will be carried out to reach a conclusion. The research results show that this curriculum teaches more flexible, creative and meaningful learning. This can be seen in the more active PPKn learning process in classes X and XI at MA Negeri 1 Ngawi. To be able to carry out active learning the teacher will design teaching modules. The teaching modules prepared by PPKn teachers at MA Negeri 1 Ngawi are tailored to students' needs, are relevant, meaningful and sustainable. and for learning evaluation in the form of formative and submative tests. The implementation of the independent curriculum in Civics learning has had a positive impact because students feel more free to learn in accordance with their potential. Students also feel bored less easily because of the variety of learning methods
Item Type: | Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1) |
---|---|
Kata Kunci: | implementation of the independent curriculum; PPkn |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | NURSOFIAH ANGGRAENI NURSOFIAH |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 04:42 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 04:42 |
URI: | http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/1202 |
Actions (login required)
View Item |