Saputri, Deni Romadhani (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SD. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.
Text
Halaman_judul[1].pdf Download (197kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (191kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (229kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (428kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (426kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL DENI R.pdf Download (8MB) |
|
Text
Lampiran 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Deni Romadhani Saputri. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Siswa SD. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun. Pembimbing (1) Rissa Prima Kurniawati, M.Pd. (II) Pinkan Amita Tri Prasasti, M.Pd. Permasalahan yang ditemukan di SDN Karangtengah 4 adalah penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik dan bervariasi. Media pembelajaran yang digunakan pada proses pembelajaran adalah power point dan benda konkret yang terdapat didalam kelas. Power point yang digunakan juga tidak menggunakan animasi. Hal ini menyebabkan siswa kurang tertarik dan siswa kesulitan dalam pemahaman materi yang disajikan. Tujuan dari penelitian yang dilakukan mengenai media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash pada pembelajaran matematika yaitu seperti berikut: 1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash terutama di pembelajaran matematika, 2) agar mengetahui apakah pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash pada pembelajaran matematika tepat dengan kebutuhan siswa. Jenis model penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan desain pengembangan ADDIE. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan yaitu terdiri dari lembar validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli media, dan hasil angket respon guru dan respon siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penelitian ini menghasilkan produk pengembangan yang berupa media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash dengan desain pengembangan model ADDIE, 2) Untuk menngetahui kelayakan pada media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash dibuktikan dengan hasil dari validasi ahli materi memperoleh skor sebesar 80 %, ahli media memperoleh skor 90 %, dan ahli bahasa memperoleh 87,5 %, serta respon guru dan respon siswa mengenai media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash ini menunjukkan ketertarikan yang tinggi yang dibuktikan dengan hasil dari angket penyebaran angket respon guru dan angket respon siswa. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash menggunakan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran matematika siswa SD valid untuk diterapkan. Kata Kunci: Media Pembelajaran interaktif, Media Pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash, ADDIE.
Item Type: | Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1) |
---|---|
Kata Kunci: | Media Pembelajaran Interaktif, Media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SAPUTRI ROMADHANI DENI |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 08:29 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 08:29 |
URI: | http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/1065 |
Actions (login required)
View Item |