UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS 1 SDN KLAGENSERUT 01

Putri, Kurniawati Ariyanto (2025) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS 1 SDN KLAGENSERUT 01. S1 thesis, Universitas PGRI Madiun.

[img] Text
cover.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
abstrak..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
BAB 1 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
BAB 2 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
BAB 3 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
BAB 4 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
BAB 5 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)

Abstract

Membaca merupakan bagian keterampilan berbahasa yang memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil prasurvey yang dilakukan pada tanggal 05 Desember 2024 di SDN Klagenserut 01 terdapat permasalahan dalam membaca diperoleh data bahwa kemampuan membaca siswa masih di kelas 1 masih rendah. Dalam kegiatan pembelajaran siswa belum lancar membaca. Selain itu media yang digunakan kurang menarik perhatian siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah penerapan metode permainan kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada kelas 1 SDN Klagenserut 01 Tahun Pelajaran 2024/2025”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan permainan kartu bergambar pada kelas 1 SDN Klagenserut 01 Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi sebagai observer. Pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 3 kali pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi untuk mengamati kemampuan membaca pemahaman siswa dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan. Ketuntasan kemampuan membaca siswa pada siklus I sebesar 52,50% dan pada siklus II sebesar 75,83%. Jadi dari siklus I ke siklus II kemampuan membaca siswa meningkat 23,33%. Sedangkan hasil tes kemampuan membaca siswa pada siklus I sebesar 41,67% dan pada siklus II sebesar 75%. Jadi dari siklus I ke siklus II meningkat 33,33%. Oleh karena itu dapat diambil kesimpulan penggunaan metode Permainan Kartu Bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN Klagenserut 01.

Item Type: Thesis/Skripsi/Tugas Akhir (S1)
Kata Kunci: membaca, metode belajar, ketrampilan membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PUTRI ARIYANTO KURNIAWATI
Date Deposited: 08 Jul 2025 06:11
Last Modified: 08 Jul 2025 06:11
URI: http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/3149

Actions (login required)

View Item View Item