Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Penemuan Terbimbing Berbasis Tugas Terstruktur pada Mata Kuliah Aljabar Linier

Lusiana, Restu and Andari, Tri (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Penemuan Terbimbing Berbasis Tugas Terstruktur pada Mata Kuliah Aljabar Linier. In: SEMNASTIKA 2015 (Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015), 25 April 2015, Universitas Negeri Surabaya.

[img]
Preview
Text
Makalah Restu Lusiana & Tri Andari (1).pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran yang baik dengan menggunakan model Penemuan Terbimbing berbasis Tugas Terstruktur pada mata kuliah Aljabar Linier Materi Ruang n-Euclides. Penggunaan model Penemuan Terbimbing dalam pembelajaran merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan pemahaman, aktifitas dan prestasi belajar mahasiswa pada materi Ruang n-Euclides. Pemberian tugas secara terstruktur diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk mempelajari materi-materi tersebut secara terarah. Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan pendekatan pengembangan 4-D Thiagarajan, dkk yang dimodifikasi menjadi 3D, yang terdiri dari 3 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (development). Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Madiun Semester VI. Metode pengumpulan data melalui angket dan tes. Beberapa data yang diperoleh pada pelaksanaan ujicoba perangkat pembelajaran meliputi aktifitas mahasiswa, pengelolaan pembelajaran, pemahaman materi, tes hasil belajar, dan respon mahasiswa. Perangkat pembelajaran yang telah didapatkan dinyatakan valid oleh para validator dan memenuhi kriteria yaitu aktifitas mahasiswa efektif, pengelolaan pembelajaran baik, pemahaman materi baik, tes hasil belajar sensitif, valid, dan reliabel, serta respon mahasiswa positif. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi Satuan Acara Perkuliahan (SAP), Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM), dan Tes Hasil Belajar (THB) pada mata kuliah Aljabar Linier khususnya materi Ruang n-Euclides.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: andista candra yusro
Date Deposited: 28 Aug 2018 03:51
Last Modified: 28 Aug 2018 03:51
URI: http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/31

Actions (login required)

View Item View Item