KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP MELALUI PENGAJUAN MASALAH MATEMATIKA

Hardaningsih, Dini and Krisdiana, Ika and Murtafiah, Wasilatul (2016) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP MELALUI PENGAJUAN MASALAH MATEMATIKA. In: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan matematika.

[img]
Preview
Text
8. Dini, Ika, Wasilatul.pdf

Download (236kB) | Preview
Official URL: http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snmpm/a...

Abstract

Salah satu pendekatan dalam pembelajaran matematika adalah pengajuan masalah. Pengajuan masalah melatih siswa dalam berpikir kreatif. Kemampuan matematika siswa kelas VII SMP Negeri 13 Madiun sangat beragam. Adanya perbedaan ini memunculkan kemampuan berpikir kreatif yang beragam pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VII dalam pengajuan masalah matematika pada pokok bahasan perbandingan ditinjau dari kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah 3 siswa dari kelas VII H SMP Negeri 13 Madiun yang terdiri dari masing-masing 1 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Siswa dengan kemampuan matematika tinggi menunjukkan kefasihan dan keluwesan, tetapi belum menunjukkan kebaruan berpikir. Kemampuan berpikir kreatif siswa dengan kemampuan matematika tinggi tergolong ke dalam Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) 3 yaitu kreatif; (2) Siswa dengan kemampuan matematika sedang menunjukkan kefasihan dan keluwesan, tetapi belum menunjukkan kebaruan berpikir. Kemampuan berpikir kreatif siswa dengan kemampuan matematika sedang tergolong ke dalam Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) 3 yaitu kreatif; (3) Siswa dengan kemampuan matematika rendah menunjukkan keluwesan, tetapi belum menunjukkan kefasihan dan kebaruan berpikir. Kemampuan berpikir kreatif siswa dengan kemampuan matematika rendah tergolong ke dalam Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) 2 yaitu cukup kreatif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: andista candra yusro
Date Deposited: 05 Jul 2018 06:23
Last Modified: 05 Jul 2018 06:23
URI: http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/30

Actions (login required)

View Item View Item